-->

Cara Baru dalam Melihat Dunia


Selama tahun-tahun sarjana saya di India, saya menghabiskan musim panas dengan magang di beberapa perusahaan. Saya kebanyakan mengerjakan proyek-proyek teknik dasar, dan saya jelas merupakan orang terendah dalam urutan kekuasaan. Saya terus-menerus mengingat status saya, seperti ketika gerobak teh datang setiap sore: Para perwira tinggi disuguhi teh dalam cangkir porselen di atas nampan dengan susu, gula, dan biskuit atau makanan ringan lainnya; manajer tingkat menengah tidak menerima baki; dan pekerja seperti saya diberi teh yang sudah dicampur dalam cangkir biasa. Tetapi ada ukuran lain tentang peringkat saya dalam hierarki perusahaan, dan itu berdampak besar pada saya. Itu datang dalam bentuk majalah compang-camping yang tiba di meja saya suatu hari.

 

Salah satu perusahaan tempat saya bekerja memiliki satu langganan Harvard Business Review, yang diedarkan oleh para eksekutif untuk jangka waktu tertentu, seperti buku perpustakaan. Ketika terbitan baru tiba, CEO pertama kali mengetahuinya: Dia akan membawanya pulang selama dua minggu untuk dibaca di waktu senggangnya. Setelah gilirannya, masing-masing bawahan langsungnya mengambil majalah itu selama beberapa malam. Berikutnya adalah kelompok manajer tingkat bawah, yang mendapatkan KABAR DUNIA masing-masing untuk satu atau dua hari. Pada saat salinan kusut dan bertelinga anjing mencapai saya, itu mungkin sudah keluar selama enam bulan. Tetap saja, saya senang memilikinya.

 

Membaca KABAR DUNIA adalah paparan pertama saya terhadap pemikiran manajemen. Sebagai seorang insinyur, saya tidak terbiasa dengan ide-ide ini, dan saya ingat berkata pada diri sendiri, "Wow, ini adalah cara baru dalam memandang dunia." Ini terjadi pada akhir 1970-an dan awal 1980-an, ketika teori-teori Jepang tentang manajemen kualitas total dan bagaimana mengatur manufaktur mulai berkembang. Saya pertama kali membaca tentang mereka — dan tentang analisis lima kekuatan Michael Porter, yang diperkenalkan hanya beberapa tahun sebelumnya dan langsung diakui sebagai kerangka kerja konseptual yang sangat penting — di KABAR DUNIA.

 

Lebih dari sekadar memaparkan saya ke majalah, pekerjaan musim panas itu memberi saya kesempatan untuk melihat dampak KABAR DUNIA terhadap perusahaan dunia nyata. Saya bekerja di sebuah pabrik peralatan listrik, dan setelah para manajer di sana membaca artikel KABAR DUNIA tentang manufaktur berbasis sel, mereka membawa beberapa konsultan dari Jepang dan sepenuhnya menata ulang pabrik terbesar mereka, secara dramatis meningkatkan efisiensinya. Pabrik itu mempekerjakan lebih dari 3.000 pekerja, dan jika bukan karena peningkatan produktivitas yang baru ditemukan, pabrik itu mungkin akan gulung tikar. Jadi dari pengalaman awal saya dengan KABAR DUNIA, saya dapat dengan jelas menghargai bagaimana sebuah ide yang diluncurkan di halaman majalah dapat memiliki efek langsung dan mencolok pada cara perusahaan dikelola. Sebenarnya, itulah misi majalah tersebut: “meningkatkan praktik manajemen di dunia yang terus berubah”.

 

Sekitar satu dekade kemudian, setelah menghadiri sekolah pascasarjana di MIT dan menjadi anggota fakultas junior di Harvard Business School, saya menulis artikel KABAR DUNIA pertama saya. Saya melihatnya sebagai ritus peralihan. Saya telah menulis artikel untuk banyak publikasi selama bertahun-tahun, tetapi artikel KABAR DUNIA pertama itu adalah satu-satunya yang pernah saya kirimkan ke rumah ayah saya. Dia sangat bangga dan mengatakan kepada saya bahwa saya telah menulis sesuatu yang mungkin mempengaruhi manajer di seluruh dunia. Begitulah kekuatan dan jangkauan, dalam pikirannya, dari KABAR DUNIA.

 

Ketika saya magang teknik, banyak orang di India mengetahui Harvard Business School, tetapi sangat sedikit manajer yang bisa hadir. Hari ini sekolah lebih mudah diakses oleh orang-orang di luar Amerika Serikat, tetapi kami masih dapat menyambut di kampus kami hanya sebagian kecil dari mereka yang tertarik dengan pendidikan bisnis: Setiap tahun kami lulus 900 MBA baru, dan sekitar 9.000 manajer mendaftar di eksekutif kami program pendidikan. Ini adalah program "sentuhan tinggi" yang intensif, dan ada banyak manfaat untuk membuatnya relatif kecil. Tetapi kita tahu bahwa tuntutan untuk belajar dari HBS jauh lebih luas. Majalah ini membantu kami memenuhi misi kami yang lebih besar untuk mendidik lebih banyak pemimpin bisnis di seluruh dunia.

 

Sejak pertama kali saya mengenal KABAR DUNIA, saya tetap menyadari betapa hebatnya alat itu—apakah itu memotivasi manajer puncak untuk mengubah cara mereka menjalankan pabrik, atau membuka mata pekerja magang musim panas ke bidang baru yang mungkin dia miliki. ingin belajar. Saat saya melihat ke depan untuk 90 tahun ke depan KABAR DUNIA, saya berharap pengaruh dan dampaknya hanya akan terus tumbuh.

 


0 Response to "Cara Baru dalam Melihat Dunia"

Posting Komentar