-->

Di luar Afrika



Di penghujung musim kelaparan (bulan-bulan sebelum panen) tahun 2011, keluarga Leonida Wanyama berada di ujung tanduk. Makanan sudah hampir habis. Leonida, suaminya, dan lima anak di rumah menghabiskan beberapa hari hanya dengan minum teh.


Namun, penyebab perjuangan keluarga bukanlah kemiskinan melainkan ambisi. Seperti yang diceritakan Roger Thurow dalam The Last Hunger Season: A Year in a African Farm Community on the Brink of Change, Leonida telah menjual semua tanaman jagungnya dari tahun sebelumnya—dicapai dengan benih hibrida dan pupuk yang dia beli secara kredit dari seorang Amerika. nirlaba, One Acre Fund—untuk membayar uang sekolah anak remajanya Gideon di salah satu sekolah asrama terbaik di bagian barat Kenya.


Penjajaran aspirasi kelas menengah ini—dan ponsel (Leonida memiliki “Flight of the Bumblebee” Rimsky-Korsakov sebagai nada dering)—dengan hampir kelaparan adalah salah satu dari banyak pengungkapan Musim Kelaparan Terakhir. Yang lainnya adalah kecepatan yang dengannya profil empat keluarga Thurow beralih dari taktik bertahan hidup yang putus asa ke rencana kewirausahaan yang berani selama musim kelaparan segera setelah panen jagung yang melimpah. Bukanlah berita bahwa surplus pertanian menghasilkan pembangunan ekonomi; sungguh menakjubkan—dan mengejutkan mencekam—untuk menyaksikan permainan dinamis ini di tingkat rumah tangga.


Ini adalah sesuatu yang baru untuk Afrika. Setelah bertahun-tahun mengisi rak buku dengan polemik gambaran besar tentang apa yang salah dengan benua itu—dan apa yang salah dengan upaya Barat untuk memperbaikinya—penerbit mulai menawarkan kisah ekonomi yang positif (seperti juga pembuat film; ada versi dokumenter dari The Last Hunger Season di pekerjaan). Beberapa buku yang baru-baru ini dirilis, seperti buku Thurow, bertujuan untuk menggerakkan pembaca terutama pada tingkat kemanusiaan, tetapi yang lain mungkin menarik bagi mereka yang ingin menguangkan. Setelah beberapa dekade sebagian besar keluar dari jaringan ekonomi global, Afrika membuka diri untuk bisnis — dan Afrika literatur bisnis mulai muncul.


Bagian dari cerita adalah bahwa para pelaku kebaikan Barat akhirnya menanggapi kritik bahwa amal masa lalu di benua itu hanya memupuk ketergantungan. Dalam The Last Hunger Season, pendiri One Acre Fund Andrew Youn, seorang MBA Amerika, keluar untuk membawa ajaran (dan benih dan pupuk) Revolusi Hijau ke pertanian kecil di Afrika dan berharap untuk mencapai titik impas pada penjualan benih dan pupuknya. dan pinjaman kepada petani. Di seberang benua, di Ghana, Whit Alexander sebenarnya mencari keuntungan dengan layanan penyewaan baterai isi ulangnya, meskipun dia masih jauh dari melakukannya pada akhir Bright Lights, No City: An African Adventure on Bad Roads dengan Brother and a Very Weird Business Plan, akun yang sangat menghibur dan berwawasan luas dari kakak laki-lakinya, Max.


Sebagai salah satu pendiri perusahaan permainan papan Cranium, yang dijual ke Hasbro, Whit sedang mencari usaha wirausaha yang akan (1) melakukan sesuatu yang baik dan (2) mengembalikannya ke Afrika Barat, di mana ia menghabiskan tahun-tahun pasca kuliahnya berturut-turut. pekerjaan yang menurut Max cocok dengan profil agen CIA. Max, mantan editor di majalah perdagangan Hollywood, Variety, berpikir bahwa mungkin bisa menjadi pengalaman ikatan yang baik—dan buku yang bagus—untuk mengikuti saudaranya ke pedalaman Ghana.


“Akan sulit untuk melebih-lebihkan obsesi dengan baterai di desa-desa Afrika tanpa listrik.”

Max Alexander, Bright Lights, No City: Petualangan Afrika di Jalan Buruk bersama Saudara dan Rencana Bisnis yang Sangat Aneh


Rencana bisnis Whit, seperti yang dicatat Max, langsung dari mendiang C.K. Prahalad's The Fortune at the Bottom of the Pyramid, yang menceritakan tentang peluang yang tersedia dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan dua pertiga penduduk termiskin di dunia. Pelanggan yang dia targetkan hidup dari jaringan listrik; mereka membeli baterai sekali pakai berkualitas rendah untuk radio dan senter mereka jika mereka mampu membelinya. Perusahaannya, Burro, bertujuan untuk menyewa baterai AA isi ulang yang menghasilkan lebih banyak daya dengan biaya lebih rendah (dan dengan dampak lingkungan yang lebih rendah). Model sewa-dan-isi ulang ini rumit dan padat karya, dan keuntungan tetap sulit dipahami. Baru menjelang akhir buku, ketika Burro membawa pengisi daya telepon dan lampu yang dirancang untuk bekerja dengan baterainya ke pasar, bisnis itu sepertinya memiliki kesempatan untuk lepas landas. (“Jangan bicara lagi,” sela seorang penduduk desa saat seorang karyawan Burro mengeluarkan keunggulan pengisi daya telepon baru. “Kami ingin membayar.”)


Sebagai kisah bisnis, sebenarnya tidak banyak, setidaknya tidak sampai akhir. Tetapi sebagai gambaran dari negara Afrika Barat yang terbelakang tapi berkembang pesat, buku ini (atau setidaknya tampaknya; saya belum pernah ke Ghana, jadi saya tidak dapat memverifikasi) cukup brilian.


Hal yang sama tidak dapat dikatakan untuk Rwanda, Inc.: Bagaimana Bangsa yang Hancur Menjadi Model Ekonomi untuk Dunia Berkembang. Buku ini adalah semacam tengara—mungkin menandai pertama kalinya sebuah negara di jantung Afrika diangkat sebagai teladan pembangunan ekonomi di sepanjang garis Singapura. Tetapi penulis Patricia Crisafulli, seorang jurnalis, dan Andrea Redmond, seorang konsultan manajemen bakat, tidak mampu menjelaskan transformasi luar biasa Rwanda atau bagaimana negara lain dapat menirunya. Sejauh yang saya tahu, saran mereka adalah "pekerjakan Paul Kagame sebagai presiden," yang tidak membantu. Dan meskipun mereka berulang kali menyatakan bahwa mereka tidak keluar untuk mendewakan pemimpin Rwanda, nada buku itu menyakitkan, sangat mengagumi.


Pengusaha media sosial Afrika Selatan Alan Knott-Craig tampil sangat mengagumi diri sendiri sekali atau dua kali di Mobinomics: Mxit and Africa’s Mobile Revolution (ditulis bersama jurnalis Gus Silber). Tapi tidak apa-apa, karena dia menyimpan sebagian besar kata-katanya untuk Mxit, jejaring sosial yang sedang berkembang untuk ponsel yang dia beli tahun lalu. Kami tidak berbicara tentang iPhone; Mxit dioptimalkan untuk perangkat yang relatif sederhana seperti Samsung E250 (“ponsel AK-47,” Knott-Craig menyebutnya) yang dapat dibeli oleh orang Afrika Selatan biasa. Mxit, seperti M-Pesa, sistem pembayaran berbasis telepon seluler Kenya, adalah jenis fenomena bawah piramida berteknologi tinggi yang mengarah pada pemikiran bahwa, di era seluler, Afrika mungkin merupakan sarang inovasi. Tentu, Mxit hanya memiliki sekitar 50 juta pengguna hingga hampir 900 juta Facebook. Tapi “Facebook jauh lebih rumit,” kata seorang teknolog Afrika Selatan yang dikutip oleh Knott-Craig. “Mxit sederhana, dan bekerja dengan indah, dan memenuhi kebutuhan 90% umat manusia.”


Mobinomics ditulis untuk audiens Afrika Selatan tetapi tersedia di luar negeri di Kindle. Di tempat-tempat itu agak sulit bagi orang luar untuk mengikuti. Tetapi kebaruan membaca kisah kewirausahaan teknologi yang berlatar di Stellenbosch, kota perguruan tinggi provinsi Western Cape yang terkenal dengan kilang anggurnya, sangat menyegarkan.


Dan, terlepas dari perbedaan besar dalam kualitas dan pendekatan, itulah yang menyatukan keempat buku ini—dan membuatnya menarik bagi para pengusaha, manajer, dan investor Barat. Itu adalah kisah sukses bisnis dari sebuah benua yang, sampai sekarang, hanya sedikit yang bisa ditawarkan. Semoga masih banyak lagi yang menyusul.

0 Response to "Di luar Afrika"

Posting Komentar