-->

Mitos Tiongkok, Fakta Tiongkok


Budaya bisnis Cina itu unik, tetapi tidak dalam semua cara yang cenderung diasumsikan oleh orang luar. Untuk mengidentifikasi mitos yang paling umum, kami mewawancarai lusinan ekspatriat Amerika Utara dan Eropa serta beberapa manajer China yang sekarang bekerja di Barat, yang semuanya telah menghabiskan setidaknya tiga tahun melakukan bisnis di China. Penelitian kami mengungkap tiga mitos utama, yang diabadikan secara informal melalui stereotip dan secara formal melalui program pelatihan manajemen.


Siapa pun yang bekerja dengan orang Cina akan menemukan budaya yang beragam dan cepat berubah. Seperti yang dicatat oleh salah satu responden, para manajer dapat memanfaatkan kekuatan Timur dan Barat secara sama dengan mempelajari nuansa kedua budaya bisnis dan mengembangkan fleksibilitas untuk bekerja di salah satunya. “Orang Cina akan sering datang menemui Anda tanpa janji,” kata seorang eksekutif. “Saya telah belajar bahwa saya juga bisa melakukan ini. Jika saya punya waktu luang 30 menit, saya hanya menelepon taksi dan mengunjungi seseorang yang bekerja di daerah itu.”


Mitos 1: Kolektivisme


Realitas: Individualisme

Wei Chen, seorang manajer Tiongkok di sektor barang mewah Paris, mengaitkan peningkatan individualisme dengan penindasan warga selama beberapa generasi: “Sebagai seorang anak saya dihukum karena melangkah keluar dari kotak dan disuruh 'menjadi rata-rata.' Tapi kami telah pergi mentalitas ini dengan penuh semangat. Di Cina, kami sangat ingin maju. Orang Barat sering merasa gaya kami memaksa dan agresif.” Seorang eksekutif di sebuah perusahaan farmasi Kanada menunjukkan, “Ada kepentingan pribadi yang kuat [di Cina]—lebih penting daripada perusahaan, komunitas, atau negara. Ini tidak seperti yang saya alami di Barat. AS umumnya dianggap sebagai bagian dunia yang paling individualistis, tetapi tidak ada apa-apanya di China.” Subyek wawancara mengutip Revolusi Kebudayaan, kebijakan satu anak, dan migrasi massal ke kota-kota besar sebagai faktor dalam mengurai semangat kolektif.


Bagian dari mitos yang benar: Keputusan sering dibuat dalam kelompok, dan orang Cina sangat terampil bekerja dalam tim.


Mitos 2: Pertimbangan jangka panjang


Realitas: Reaksi waktu nyata

Para manajer dengan suara bulat menunjukkan bahwa kecepatan pengambilan keputusan dan eksekusi di China luar biasa dibandingkan dengan Barat, di mana “kami menghabiskan waktu untuk mencoba memprediksi masa depan dan membuat kesalahan,” kata Frédéric Maury, seorang eksekutif Prancis di layanan teknis. “Di China tidak ada yang memikirkan masa depan.” Itu hiperbola, mungkin, tetapi seorang manajer yang telah bekerja untuk Bank Dunia di China selama satu dekade setuju dengan sentimen tersebut, mengatakan bahwa logistik ad hoc cukup umum tetapi dieksekusi dengan sangat baik. “Saya telah menghadiri puluhan bahkan ratusan lokakarya di China, dan tidak ada yang berjalan sesuai rencana. Banyak hal berubah pada malam sebelumnya: pembicara, topik, bahkan tempat. Tapi semuanya selalu berakhir dengan baik.”


Bagian dari mitos yang benar: Hubungan bisnis dan kebijakan pemerintah dibangun untuk jangka panjang.


Mitos 3: Penghindaran risiko


Kenyataan: Toleransi risiko

“Di Barat kami suka memperdebatkan sesuatu, mencetaknya, memperdebatkannya lagi, melakukan beberapa analisis,” kata eksekutif logistik Inggris Michael Drake. “Tetapi di China, ‘Benar, kami telah memutuskan, boom, ayo berangkat!’” Banyak peserta percaya selera risiko terkait dengan pertumbuhan. Edith Coron, seorang konsultan dan pelatih antarbudaya Prancis, mengatakan, "Dalam lingkungan di mana PDB tumbuh lebih dari 10% per tahun, dapat dimengerti bahwa tingkat kewirausahaan dan pengambilan risiko harus begitu tinggi." Manajer Tiongkok Wei Chen menegaskan, “Kami tidak ingin kehilangan satu menit pun. Kami memiliki banyak kepercayaan diri, dan kami sangat nyaman dengan risiko.”


Bagian dari mitos yang benar: pekerja China sering ragu untuk memberikan pendapat individu atau bertukar pikiran secara terbuka ketika orang yang lebih senior hadir.

0 Response to "Mitos Tiongkok, Fakta Tiongkok"

Posting Komentar