-->

Asal Usul Nama Negara Indonesia

Penjelasan :

Beredar informasi di media sosial tulisan panjang yang berisi klaim bahwa nama Indonesia berasal dari akronim inisial para  Wali Songo. Dalam narasi tersebut, disebutkan nama- nama Wali Songo.


, klaim bahwa nama Indonesia berasal dari akronim inisial para Wali Songo keliru. Menurut para sejarawan, istilah Indonesia baru muncul pada abad ke-19. Nama yang berasal dari kata "Indus" (Hindia) dan "nesia" (kepulauan) ini merupakan gagasan pengacara Inggris James Richardson Logan dan koleganya yang ahli geografi, George Windsor Earl. Istilah Indonesia dipopulerkan di Asia sebagai istilah akademik oleh etnografer Jerman, Adolf Philipp Wilhelm Bastian (1826-1905). Nama Indonesia pertama kali digunakan 7naga secara politik pada 1920-an. Adapun para Wali Songo hidup pada abad ke-15 hingga ke-16, di mana nama Indonesia belum dikenal. 


Pernahkah Anda terbesit rasa ingin tahu soal mengapa negara kita dinamai 'Indonesia'? Bagaimana mulanya bisa muncul kata 'Indonesia'?


Dikutip Pikiran-rakyat.com dari laman Instgaram resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kata 'Indonesia' berasal dari bahasa Yunani, yaitu indo dan nesos.


Indo artinya 'India' atau 'Hindia', sedangkan nesos berarti 'Kepulauan'. Nesos mirip dengan kata nusa yang berarti 'pulau' atau 'kepulauan' dalam amoyslot88 bahasa Melayu Austronesia.


Dengan demikian, Indonesia berarti Kepulauan Hindia.



Sementara itu, orang yang pertama kali melontarkan kata 'Indonesia' adalah etnolog berkebangsaan Inggris, George Samuel Earl.



Ia menyebut 'Indunesia' untuk nama gugusan pulau di Lautan Hindia.


Meski begitu, para ilmuwan Eropa lebih sering menyebutnya dengan 'Melayunesia'.


Dalam majalah Journal of The Indian Archipelago and Eastern Asia (JIAEA), James Richardson Logan (1850) yang merupakan 7naga pengacara dan penyunting majalah berkebangsaan Inggris menyebut gugusan pulau di Lautan Hindia dengan 'Indonesia'.


Etnolog berkebangsaan berkebangsaan Jerman, Adolf Bastian, menggunakan kata Indonesia dalam bukunya Indonesien Order die Inseln des Malaysichen Archipel pada tahun 1884, untuk menamai pulau yang bertebaran di Lautan Hindia.


Sekarang, kata Indonesia dipakai sebagai nama negara di kawasan Asia Tenggara dengan penduduk lebih dari 271 juta jiwa yang tersebar di 37 provinsi.


Indonesia adalah negara kepulauan dengan jumlah 17 ribu pulau yang disepakati pada 2021.


Terdapat lima pulau besar di Indonesia yaitu Jawa, Sumatra, Sulawesi, Kalimantan, dan Papua.


Indonesia terletak pada titik 6 derajat Lintang Utara (LU)-11 derajat Lintang Selatan (LS) dan 95 derajat Bujur Timur (BT)-141 derajat BT.


Indonesia terletak di antara dua benua, Asia dan Australia lamancrow serta di antara dua samudera, Pasifik dan Hindia.***


0 Response to "Asal Usul Nama Negara Indonesia"

Posting Komentar